Jenis Ranjang Pasien Rumah Sakit: Elektrik atau Manual? ~ Ranjang Pasien Murah - Tempat Tidur Rumah Sakit Berkualitas

TOKO KAMI

1. JL. Raya Pondok Gede. No.38 Pinang Ranti - Jakarta Timur, 13560 (DEPAN POLSEK MAKASAR)

CABANG LAINNYA KLIK DISINI



Senin, 04 Juli 2016

Jenis Ranjang Pasien Rumah Sakit: Elektrik atau Manual?

Ketika seseorang menjalani masa perawatan di rumah sakit, kenyamanan dan kemudahan untuk menjalankan aktivitas adalah dua hal yang selalu diperhatikan. Ini berkaitan dengan proses penyembuhan dan sejauh mana pasien dapat menyesuaikan waktu istirahat di kasur. Oleh sebab itu, pemilihan tempat tidur rumah sakit menjadi sangat penting. Apalagi, saat ini tempat tidur rumah sakit telah tersedia dengan berbagai macam jenis.

Perlu diketahui, tempat tidur rumah sakit yang banyak dijual di pasaran telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang memudahkan pasien. Dimulai dari tempat tidur dengan mesin perintah otomatis hingga yang memiliki sejumlah engkol secara manual untuk mengatur posisi tempat tidur. Sesuai dengan fungsinya, tempat tidur rumah sakit memang didesain khusus untuk membantu perawatan orang yang sakit. Fungsi dasarnya adalah membantu mobilisasi pasien dan memudahkan posisi duduk.

ranjang pasien manual

Nah terkait dengan tempat tidur rumah sakit, ada beberapa jenis yang dikenal seperti emergency stretcher, bed stretcher, ambulance stretcher, meja periksa, meja operasi, meja gynaecolog, hospital bed, ranjang transfer dan sebagainya. Nah tempat tidur ini memiliki fungsinya masing-masing sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja ranjang gynaecolog yang digunakan untuk ibu hamil atau ibu melahirkan. Tempat tidur rumah sakit jenis ini memiliki penyanggah paha di bagian tengah yang ditujukan untuk mempermudah proses pemeriksaan. Contoh lainnya adalah tempat tidur darurat yang dilengkapi roda untuk memudahkan membawa pasien ke ruang gawat darurat.

Namun, secara umum, tempat tidur rumah sakit dapat dibedakan menjadi dua jenis yakni tempat tidur manual engkol dan elektrik. Dari segi bentuk, keduanya tidak berbeda secara mencolok kecuali desain dn tipenya yang lebih variatif. Namun yang jelas membuat terlihat sangat berbeda adalah dalam hal pengoperasiannya.

ranjang pasien elektrik

Sesuai dengan namanya, tempat tidur elektrik dapat dioperasikan secara otomatis. Terdapat tombol yang dapat ditekan untuk memberikan perintah yang akan direspon oleh mesin dengan sendirinya. Yang lebih canggih lagi, tempat tidur elektrik ini juga dapat dikendalikan dengan menggunakan remot dari jarak jauh. Dengan begitu, maka pasien yang berada dalam kondisi yang lemah dan susah bergerak akan mudah untuk menggunakannya. Mereka bebas mengatur posisi tempat tidurnya. Nah, fitur yang ada pada tempat tidur rumah sakit elektrik ini bisa saja membuat pasien tidak begitu bergantung pada kerabat yang menemaninya.

Berbeda dengan ranjang pasien elektrik, tempat tidur rumah sakit manual mengandalkan tenaga manusia untuk pengaturannya dengan memanfaatkan engkol. Nah, tuas engkol inilah yang diputar untuk mengatur tinggi posisi tempat tidur. Caranya tentu saja dengan memutar engkol secara manual. Hal yang perlu diketahui adalah tempat tidur manual ini juga terbagi dalam beberapa tipe seperti tempat tidur pasien 1 engkol, 2 engkol, 3 engkol, 4 engkol hingga 5 engkol. Masing-masing memiliki fungsi. Semakin banyak memiliki engkol maka akan semakin banyak pula pilihan untuk mengatur tempat tidurnya.

Tempat tidur rumah sakit elektrik memang terkesan lebih memudahkan. Namun untuk mendapatkanya, kita pun harus mengeluarkan kocek yang tidak sedikit. Fasilitas tempat tidur elektrik ini pun hanya dapat dijumpai di rumah sakit mewah yang biasanya berada di pusat kota. Biasanya hanya untuk kelas VIP. Ini juga sering dijadikan standar tersendiri bagi rumah sakit untuk mendapatkan  penilaian atas kualitas yang ditawarkan.

Sementara, tempat tidur manual engkol lebih banyak digunakan di rumah sakit pemerintah. Meski begitu, ini bukan berarti kualitas tempat tidur manual perlu diragukan. Apalagi sekarang, tempat tidur engkol memiliki desain yang elegan dan juga menggunakan material yang anti bakteri dan anti karat terutama di bagian tangan yang sering kali disentuh orang.
Categories:

0 komentar:

Poskan Komentar